Rudal Israel Jatuh di Mesir

KAIRO — Sebuah rudal Israel jatuh di wilayah Mesir di dekat sebuah rumah di kota perbatasan Rafah, namun tidak meledak, kata beberapa sumber kepolisian seperti dilaporkan Reuters.

Rudal itu mendarat di distrik Brasil kota tersebut, sekitar 200 meter di dalam wilayah Mesir, selama serangan udara Israel terhadap daerah perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza, dimana Israel meyerang terowongan-terowongan yang digunakan untuk penyelundupan ke wilayah Palestina tersebut.

Polisi telah menutup daerah itu dan meminta ahli-ahli bom menangani rudal tersebut, kata sumber-sumber itu.

Rudal itu merupakan bom utuh pertama Israel yang diketahui jatuh di wilayah Mesir selama 17 hari serangan militer negara Yahudi tersebut terhadap Gaza. Pecahan-pecahan peluru telah berjatuhan di Mesir sebelumnya.

Kementerian Luar Negeri Israel meminta maaf kepada Mesir pada Senin karena serpihan-serpihan peluru Israel mencederai dua anak Mesir dan dua polisi sehari sebelumnya.

Anak-anak yang berusia dua dan lima tahun itu dan kedua polisi tersebut dirawat di rumah sakit namun belum jelas seberapa parah luka-luka mereka, kata seorang pejabat keamaman Mesir, yang menambahkan bahwa puluhan rumah juga rusak dalam serangan udara hari Minggu itu.

Duta besar Israel mengatakan, pemboman itu ditujukan pada sasaran militer, kata Kementerian Luar Negeri Mesir.

Pesawat-pesawat tempur Israel terbang di atas wilayah Mesir selama pemboman terhadap terowongan penyelundup, kata beberapa saksi mata.

Pasukan Israel berulang kali membom daerah perbatasan Gaza dengan Mesir sejak mereka memulai ofensif pada 27 Desember, dalam upaya menghancurkan terowongan-terowongan penyelundup yang menghubungkan wilayah miskin Palestina itu dengan Mesir.

Angkatan udara Israel membom lebih dari 40 terowongan yang menghubungkan wilayah Jalur Gaza yang diblokade dengan gurun Sinai di Mesir pada saat ofensif itu dimulai.

Terowongan-terowongan yang melintasi perbatasan itu digunakan untuk menyelundupkan barang dan senjata ke wilayah Jalur Gaza yang terputus dari dunia luar karena blokade Israel sejak Hamas menguasainya tahun lalu.

Kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia pada Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam pertempuran mematikan selama beberapa hari dan sejak itu wilayah pesisir miskin tersebut dibloklade oleh Israel.

Serangan udara Israel juga merusak sebuah masjid di sisi perbatasan Rafah Mesir dan mengakibatkan terputusnya aliran listrik, kata seorang pejabat keamanan. Satu penjaga perbatasan Mesir tewas dan dua lain cedera oleh tembakan Palestina dari Gaza sejak konflik itu meletus.

Iklan

Tag:

About zee sinon

PEACE AND LONE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s